Pengertian, Fungsi, Unsur Manajemen dan Peranan Manajemen
Istilah manejemen berasal dari kata kerja to manage berarti control. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan : Mengendalikan, Menangani, atau Mengelola. Kata benda "manejemen" atau management dapat mempunyai arti.
Secara Umum pengertian manajemen adalah pengolaan suatu pekerjaan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dengan menggerakkan orang orang untuk bekerja.
Pengelolaan pekerjaan itu terdiri dari bermacam macam ragam, misalnya berupa pengolaan industri, pemerintahan, pendidikan, pelayanan sosial, olah raga, kesehatan, keilmuan, dan lain lain.
George R.Terry (1977) menyatakan. manejemen adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuatung dan controling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya.
Lois A. Allen menyatakan manejemen adalah suatu jenis pekerjaan khusus yang meng hendaki usaha mental dan fisik yang diperlukan untuk memimpin, merencanakan, menyusun, mengawasi serta meneliti.
Menurut Louis A. Pekerjaan manejemen mencakup empat fungsi yaitu :
- Manusia (People) adalah sumber daya manejemen paling penting yang tersedia bagi manejer.
- Gagasan-gagasan (ideas) merupakan milik yang paling berharga dari manejer, yaitu berupa pemahaman mengenai suatu konsep konsep pemikiran yang diperlukan
- Objectives merupakan tujuan tujuan yang memberikan makna bagi penggunaan manusia, gagasan dan sumber daya.
1. Manegemen Leading (Kepemimpinan)
Fungsi Leading ini terdiri dari beberapa kegiatan Yaitu :
2. Management Planning
3. Penyusunan Manejemen (Manegement Organizing)
Fungsi manegemen organizing meliputi :
4. Pengawasan Pengendalian dan Pengamatan (Management Controling)
Cara cara pengawasan dalam manejemen diperoleh melalui
2. Organizing
3.Actuating
4.controlling
- Pertama sebagai pengelolaan, pengendalian atau penangan (managing).
- Kedua, perlakuan secara keterampilan untuk menangani sesuatu berupa skillfull tratment.
- Ketiga, gabungan dari dua pengertian tersebut, yaitu yang berhubungan dengan pengelolaan suatu perusahaan, rumah tangga atau suatu bentuk kerjasama dalam mencapai suatu tujuan tertentu.
Pengelolaan pekerjaan itu terdiri dari bermacam macam ragam, misalnya berupa pengolaan industri, pemerintahan, pendidikan, pelayanan sosial, olah raga, kesehatan, keilmuan, dan lain lain.
Baca Juga
George R.Terry (1977) menyatakan. manejemen adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuatung dan controling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya.
![]() |
Manejemen |
Fungsi-Fungsi Manejemen
Menurut Louis A. Pekerjaan manejemen mencakup empat fungsi yaitu :
- Memimpin (leading)
- Merencanakan (Planning)
- Menyusun (Organizing)
- Mengawasi dan meneliti (controling) yaitu menentukan langkah langkah yang lebih baik
- Planning
- Organizazing
- Staffing
- Directing and leading
- Controlling
- Organizazing
- Staffing
- Planning
- Controlling
- Manusia (People) adalah sumber daya manejemen paling penting yang tersedia bagi manejer.
- Gagasan-gagasan (ideas) merupakan milik yang paling berharga dari manejer, yaitu berupa pemahaman mengenai suatu konsep konsep pemikiran yang diperlukan
- Objectives merupakan tujuan tujuan yang memberikan makna bagi penggunaan manusia, gagasan dan sumber daya.
Fungsi Manejemen menurut Lois A. Allen terdiri dari :
1. Manegemen Leading (Kepemimpinan)
Fungsi Leading ini terdiri dari beberapa kegiatan Yaitu :
- Mengambil keputusan (decision making)
- Mengadakan Komunikasi (communicating)
- Memberikan motivasi (motivating)
- Memilih orang orang (selecting People)
- Mengembangkan orang orang (developing People)
2. Management Planning
Meliputi beberapa kegiatan, yaitu :
(a). Meramalkan, pekerjaan manejer adalah memperkirakan waktu yang akan dattang
(b). Menetapkan maksud dan tujuan
(c). Menetapkan urutan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan
(d). Mengatur tata waktu
(e). Menyusun anggaran belanja
(f). Mengembangkan Prosedur
(g). Menetapkan dan menafsirkan kebijaksanaan kebijaksanaan
3. Penyusunan Manejemen (Manegement Organizing)
Fungsi manegemen organizing meliputi :
(a). Merencanakan Struktur Organisasi (Designing Organizing)
untuk menyusun pekerjaan yang harus dilakukan agar mencapai tujuan yang ditentukan
(b). Mendelegasikan tanggung jawab dan wewenang
yaitu mempercayai tanggung jawab dan wewenang kepada seseorang
(c). Menetapkan hubungan hubungan yang membedakan antara Line dan Staf
4. Pengawasan Pengendalian dan Pengamatan (Management Controling)
Cara cara pengawasan dalam manejemen diperoleh melalui
(a). Perkembangan tingkat/derajat pekerjaan
(b). Pengukuran hasil pekerjaan
(c). Penilaian hasil pekerjaan
(d). Pengambilan tindakan perbaikan
Fungsi Fungsi pokok manejemen menurut George R.Terry
1. Planning
Kegiatan yang menentukan bergabagai tujuan dan penyeban tindakan tindakan selanjutnya
2. Organizing
Kegiatan membagi pekerjaan di antara angota kelompok dan membuat ketentuan dalam hubungan hubungan yang diperlukan
3.Actuating
Kegiataan menggerakkan anggota anggota kelompok untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing masing
4.controlling
Kegiatan untuk menyesuaikan antara pelaksana dan rencana rencana yang telah di tentukan.
Unsur Unsur Manajemen
Menurut Harington manajemen Mempunyai lima unsur (5M) :
- Men
- Money
- Materials
- Machines
- Method
- Men and Women
- Materials
- Machines
- Method
- Money
- Markets
Tingkat Tingkat Manejemen
Pada dasarnya setiap organisai terdapat dua kelompok besar, yaitu karyawan yang bertugas melaksanakan kegiatan kegiatan operasional dan kelompok yang tergolong dalam kelompok pimpinan.
Kelompok pimpinan terdiri atas pimpinan tinggi (top manegemen), piminan Menengah( Middle manegemen), dan pimpinan rendah (lower manegement)
Top manegemen dalam perusahaan suatu perseroan terbatas terdiri dari direksi dan dewan komisaris. Yang berfungsi sebagai Middle manegemen ialah para kepala bagian atau kepala departement. Lower manegemen adalah kepala seksi atau mandor pada tingkat manejemen paling bawah
Ditinjau dari kemapuan berfikir maka semakin tinggi kedudukan seseorang di dalam organisasi semakin dituntut kemampuan berfikir secara :
- Konsepsional
- Strategi
- Makro
- Operasional
- Teknis
- Mikro
0 Response to "Pengertian, Fungsi, Unsur Manajemen dan Peranan Manajemen"
Post a Comment