Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Mendengarkan dalam Manejemen
![]() |
Komunikasi 2 Arah |
Masalah bagaimana agar suatu pesan dapat sampai sesuai dengan apa yang dimaksud merupakan hal yang penting bagi setiap manejer. Manejer yang tidak pernah memikirkan apakah perintahnya ditaati ataupun memikirkan cara untuk meningkatkan pemahaman serta kepatuhan terhadap perintahnya tidak mungkin akan efektif.
Komunikasi Dua Arah
Barangkali hambatan terbesar terhadap komunikasi yang efektif adalah bahwa banyak organisasi yang tidak benar benar menerima dan percaya pada komunikasi dua arah. Padahal kumunikasi dua arah yang baik mencakup penjelasan,pertanyaan , kritik baik dari atas kebawah maupun dari bawah keatas.
Baca Juga
Hambatan lain terhadap komunikasi adalah bahwa kebanyakan atasan hanya senang mendengar hal hal yang menguatkan posisi mereka atau menunjukkan keberhasilan mereka
Agar komunikasi mengalir secara baik status tidak boleh dikedepankan. Harus diciptakan suasana yang membuat semua pihak yang terlibat bersedia menerima kritik dan keberatan
Komunikasi Satu Arah
Sisi komunikasi yang penting adalah kadar emosional dari apa yang harus di ucapkan bawahan.Dalam banyak hal, kadar emosional , cara menyampaikan sesuatu, mungkin bahkan lebih penting dari pada apa yang dikatakan itu sendiri.Jebakan-jebakan dalam Komunikasi Tertulis
Kita tidak boleh terlampau mengandalkan kata kata tertulis dalam bentuk majalah, koran,buletin,buklet dan sebagainya. Kata kata tertulis tidak pernah bisa menggantikan hubungan tatap muka yang baik. Tidak mungkin adanya komunikasi melalui media ini kecuali jika terdapat rasa saling percaya
Koran dan Buletin berada pada diluar jangkauwan pembaca. Kecuali jika kounikasi tertulis dibuat secara menarik dan sederhana
Komunikasi bukan sekedar mengatakan kepada penerima apa yang harus dilakukan, tetapi yang lebih pentinga adalah mengatakan kepada mereka mengapa ia harus melakukan itu.
Komunikasi Dalam Manejemen
Komunikasi dalam kelompok manejemen itu sendiri adalah yang paling penting karena sebagian besar mata rantai dalam jalur komunikasi antara atas dengan bawah berada dalam kelompok manejemenSangatlah penting agar setiap orang dalam kelompok manejemen selalu 'mengetahui apa yang terjadi'banyak manejer menjadi sangat kecewa jika ada suasana penuh rahasia dan jika informasi dijauhkan dari mereka
Memperbaiki Komunikasi
Karena komunikasi merupakan faktor yang begitu penting, banyak metode untuk memperbaikinya telah dicoba. Sebagai contoh beberapa organisasi mencoba mengajak para karyawannya dari lapisan paling bawah untuk menjadi anggota redaksi majalah. Mereka juga mencoba meletakkan kotak saran dan kotak keluhanTetapi semua cara ini akan gagal jika kita tidak berusaha menembus keakar masalahnya , yaitu kesediaan mendengarkan secara simpatik antara satu orang dengan orang lain
Beberapa Kebiasaan yang Buruk Dalam Mendengarkan
Salah satu kebiasaan buruk dalam mendengarkan adalah menanamkan dalam pikiran anda bahwa masalah yang dibicarakan tidak menarik dan membiarkan pikiran ini mengembara ke masalah masalah lain.
Hambatan lain dalam mendengarkan ini ialah bilamana anda tidak setuju dengan apa yang dikatakan pembicara dan anda berniat mengajukan pertanyaan diakhir pembicaraan.Anda sampai terpaku pada niat itu sehingga anda tidak lagi mendengarkan sisa pembicaraan sampai selesai
0 Response to "Cara Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Mendengarkan dalam Manejemen"
Post a Comment